Info

Berikut Beberapa Cara Mendapatkan Faktur Pajak Tokopedia

Berdasarkan informasi pada laman ‘Tokopedia Pusat Edukasi Seller’, penerbitan Faktur Pajak pada transaksi di toko online atau e-commerce Tokopedia hanya dilakukan oleh pihak marketplace.

Artinya, munculnya Faktur Pajak pada platform ini terjadi dari transaksi yang dilakukan antara pemilik marketplace dengan pihak pengguna layanan dalam hal ini penjual di Tokopedia.

Dengan demikian, objek yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada marketplace yakni transaksi Jasa Kena Pajak (JKP) yang disediakan Tokopedia untuk penjual di platform ini.

 

Ketentuan Penerbitan Faktur Pajak Tokopedia

Sesuai ketentuan peraturan perundangan perpajakan pertambahan nilai, setiap Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan BKP dan/atau JKP wajib membuat Faktur Pajak.

Maka, Tokopedia sebagai pihak yang menyediakan jasa marketplace, wajib memungut PPN dari penyerahan JKP ke penjual yang menggunakan platform ini dan menerbitkan Faktur Pajak elektronik (eFaktur).

Kemudian pihak penjual akan menerima eFaktur dari Tokopedia dan dapat digunakan untuk mengkreditkan Pajak Masukan.

Namun, tidak semua penjual atau seller di Tokopedia bisa memperoleh eFaktur Pajak.

 

Kriteria Seller Penerima Faktur Pajak Tokopedia

Kriteria seller yang dapat menerima eFaktur yakni perseorangan ataupun Perseroan Terbatas (PT) maupun Persekutuan Komanditer (CV) yang status usahanya sudah dikukuhkan sebagai PKP.

Penjual PKP harus melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Kartu Tanda Penduduk (NIK) pada akun seller agar penerbitan Faktur Pajak bisa diproses.

Faktur pajak yang diterbitkan Tokopedia ini mencakup semua tagihan yang dibebankan kepada penjual, seperti biaya layanan toko, biaya layanan bebas ongkir, dan biaya paket promosi.

Seller juga Terima Faktur Tagihan

Selain faktur pajak, penjual di platform Tokopedia ini juga akan mendapatkan Faktur Tagihan.

Faktur Tagihan adalah dokumen bukti penagihan atau tanda terima pembayaran yang dikeluarkan penjual dalam hal ini Tokopedia kepada pembeli atau seller.

Faktur tagihan juga biasa disebut dengan invoice.

Cara Mendapatkan Faktur Pajak Tokopedia

Ilustrasi faktur tagihan tokopedia via pusat edukasi seller tokopedia

 

Cara Mendapatkan Faktur Pajak untuk Official Store

Berikut langkah bagaimana cara memperoleh Faktur Pajak untuk official store di Tokopedia:

Penjual di Tokopedia dapat mengajukan eFaktur sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni:

  • Mulai tanggal 4 setiap bulannya
  • Jika pengajuan masuk setelah tanggal 3 bulan berikutnya maka Faktur Pajak tidak diproses

Pengajuan dapat dilakukan melalui Formulir Permohonan Faktur Pajak di Tokopedia yang hanya dapat dilakukan melalui komputer desktop.

Faktur Pajak akan diterima penjual paling lambat setelah 10 hari kerja dari tanggal 4 bulan berikutnya melalui email.

Agar penjual bisa mendapatkan faktur pajak secara otomatis tanpa mengisi formulir permohonan setiap bulannya, dapat mencentang pada kotak “Kirimkan faktur pajak otomatis tiap bulan”.

Baca juga: Mengenal Pajak Progresif atas Kendaraan Bermotor yang Harus Anda Bayar

Cara Mendapatkan Faktur Pajak Tokopedia

Ketentuan Pemberian Faktur Pajak Selain Official Store

Pada dasarnya, antara penjual official store dan selain official store memiliki cara pengajuan faktur pajak yang sama saja di marketplace ini.

Seller selain official store juga bisa mendapatkan eFaktur pada halaman faktur pajak di Tokopedia Seller.

Seller selain office store di antaranya

  • Reguler merchant
  • Power merchant
  • Power merchant pro

Namun eFaktur untuk seller selain official store tidak dikirimkan melalui email lagi.

eFaktur untuk seller selain official store ini akan ditampilkan pada halaman Faktur Pajak Tokopedia.

 

Begini Cara Mendapatkan Faktur Pajaknya

Dikutip dari laman Tokopedia Pusat Edukasi Seller, untuk seller selain official store, kini mulai Agustus 2023 dapat mengajukan eFaktur tanpa mengisi form.

Berikut langkah-langkah pengajuan faktur pajak Tokopedia untuk seller selain official store seperti dikutip dari laman Tokopedia Pusat Edukasi Seller:

1. Buka halaman faktur pajak di Tokopedia Seller di komputer desktopLogin ke akun Tokopedia Seller, klik “Faktur Pajak” dan klik “Masukkan Data”.

2. Masukkan data permohonan Faktur Pajak sesuai dengan kolom yang tertera, centang kotak permohonan, klik “Kirim Permohonan”.

Baca juga: Catat! Ini perhitungan bea cukai di indonesia

3. Kemudian sistem akan verifikasi data permohonan. Apabila ingin melakukan perubahan data, klik “Ubah Data”.

4. Setelah pengajuan selesai, dalam 10 hari kerja dari tanggal 4 setiap bulannya, seller selain official store dapat mengunduh (Download) Faktur Pajak pada halaman Tokopedia Seller.

 

Jadwal Pengajuan eFaktur

Guna memudahkan wajib pajak penjual di marketplace ini, berikut simulasi jadwal permohonan pengajuan Faktur Pajak Tokopedia dari pusat edukasi seller Tokopedia:

Tanggal Kegiatan
4 Agustus – 3 September Periode pengajuan Faktur Pajak untuk bulan Agustus
10 hari kerja dari 4 September Faktur Pajak bisa di-download pada halaman faktur toko.

Berikut contoh simulasi pengajuan eFaktur di Tokopedia:

Pemotongan biaya layanan pada periode November, maka penjual dapat mengisi formulir permohonan pada 4 November – 3 Desember. Berikutnya, Faktur pajak akan dikirim ke penjual paling lambat 10 hari kerja setelah tanggal 4 Desember.

 

Kesimpulan

Harga belanja di Tokopedia sudah termasuk PPN, namun Faktur Pajak hanya diterbitkan oleh Tokopedia untuk penjual yang sudah terdaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Penjual yang memenuhi kriteria dapat memperoleh Faktur Pajak elektronik (eFaktur) yang mencakup biaya layanan toko, ongkir, dan promosi. Penjual dapat mengajukan eFaktur setiap bulan melalui formulir permohonan, dan faktur akan dikirimkan paling lambat 10 hari kerja setelah tanggal 4 bulan berikutnya. Penjual selain official store juga bisa mengajukan eFaktur melalui halaman Tokopedia Seller tanpa perlu mengisi formulir setiap bulan.Bagi bisnis owner yang sedang mencari layanan konsultan pajak terbaik untuk mengurusi kesulitan Masalah Perpajakan lainnya, kwa-consulting.id merupakan pilihan yang tepat. Alasannya karena layanan konsultan pajak ini sudah berpengalaman dan terpercaya. Selain itu, juga memiliki rekam jejak yang baik.Yuk buruan konsultasi dengan kami, tunggu apa lagi??

KWA Consulting adalah salah satu perusahaan Jasa konsultan Pajak professional di Indonesia yang menyediakan layanan dengan cakupan luas di bidang konsultasi Pajak, Akutansi, Keuangan dan Pembukuan Perusahaan.
Contact Detail
Whatsapp: +62 81808328841
Email: admin@kwa-consulting.id
Podomoro Golf View Tower Dahoma

Jl. Raya Bojong Nangka, Bojong Nangka, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor 16963.

Office Hour

Monday - Friday,
08:00 17:00